You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penampungan Ayam di Matraman Direlokasi ke RPH Rawa Kepiting
.
photo doc - Beritajakarta.id

21 Lokasi Penampungan Ayam di Matraman Akan Dipindahkan

Sebanyak 21 tempat penampungan ayam di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, segera dipindahkan. Selain kerap menebar aroma bau tak sedap, keberadaan tempat penampungan tersebut menyebabkan lingkungan menjadi kumuh. Recananya, pemindahan akan dilakukan Januari 2105 mendatang.

Januari 2015 Matraman harus sudah bersih dari tempat penampungan dan pemotongan ayam. Jika sudah rapi , berikutnya wilayah lain seperti Pulogadung, Jatinegara, Kramatjati dan Makasar

Walikota Administrasi Jakarta Timur, HR Krisdiyanto, mengatakan, pihaknya segera melakukan sosialisasi pada 21 pemilik penampungan dan pemotongan ayam ini di kantor kecamatan setempat. Daerah Matraman merupakan lokasi paling banyak terdapat tempat penampungan dan pemotongan ayam.

“Januari 2015 Matraman harus sudah bersih dari tempat penampungan dan pemotongan ayam. Jika sudah rapi, berikutnya wilayah lain seperti Pulogadung, Jatinegara, Kramatjati dan Makasar. Rencananya kami akan relokasi ke RPH (rumah potong hewan) Rawa Kepiting namun sayang di sana tempatnya terbatas,” ujar Krisdiyanto, Sabtu (11/10).

Pemprov DKI Sumbang 80 Ekor Sapi

Ke depan, kata Krisdiyanto, di daerah Matraman tidak diperbolehkan lagi ada lokasi penampungan dan pemotongan ayam. Setiap ayam yang masuk ke Jakarta, kondisinya sudah dikemas rapi dan tinggal didistribusikan ke pasar-pasar tradisional. Sehingga tidak ada lagi pedagang yang memotong ayam di tempat penampungan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Peternakan DKI Jakarta untuk memperluas area Rawa Kepiting, agar dapat menampung lebih banyak lagi.

Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Wachyuni, menambahkan, 21 penampungan dan pemotongan ayam di Matraman ini sebenarnya dapat dimasukkan ke RPH (rumah potong hewan) Rawa Kepiting seluruhnya. Sebab, kapasitas di Rawa Kepiting setiap harinya dapat menampung 60-70 ribu ekor ayam.

“Retribusi pemotongan ayam di RPH Rawa Kepiting itu hanya Rp 75 per ekor. Sangat murah dan terjangkau bagi pengusaha. Di sana juga sebelum dipotong, ayam kita periksa terlebih dulu kesehatannya,” ujar Wachyuni.

Wilayah Jakarta Timur, tambah Wachyuni, paling banyak tempat penampungan dan pemotongan ayam dibanding wilayah lainnya. Dari 600-700 ribu ekor ayam yang dipotong per harinya, 70 persennya terdapat di Jakarta Timur.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1105 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye995 personAldi Geri Lumban Tobing